Cara Cek Tipe HP Nokia Asli dengan yang Palsu

Advertisement
Cara Cek Tipe HP Nokia Asli - Jaman dahulu sebelum Android menguasai pasar smartphone dan ponsel di Indonesia, Nokia sudah lebih dulu populer dengan produk handphonenya. Walaupun sekarang, pengguna ponsel Nokia sendiri sudah mulai berkurang karena lebih didominasi oleh smartphone Android, namun keberadaannya terkadang masih meninggalkan kesan yang mendalam. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa kejayaan Nokia dahulu sangat mendunia bahkan di pasar handphone Indonesia sekalipun.


Terkenalnya sebuah produk ponsel tentu ada batasnya, ada masanya dimana Nokia harus mengakhiri era kepopuleran handphone besutannya dan digantikan oleh produk dengan inovasi lain. Bagi yang pernah mengalami tahun dimana Nokia sedang jaya-jayanya pasti akan mengenang betapa dulu handphone ini hampir dimiliki oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Kejayaan Nokia yang mulai dari tahun 1990an hingga tahun 2000an harus berakhir karena munculnya sistem operasi Android yang dibuat Google dan smartphone layar sentuh pertama buatan Apple. Namun saat ini pengguna setia Nokia sendiri masih ada walaupun itu adalah smartphone Nokia Lumia yang sudah bekerjasama dengan Microsoft.

Dalam artikel kali ini, kami akan membahas informasi menarik seputar ponsel Nokia, yakni cara cek tipe HP Nokia asli atau palsu untuk segala macam jenis ponsel keluaran Nokia. Dari yang model baru seperti Nokia Android, Nokia Lumia, hingga model lama produk ponsel mereka jaman dahulu.

Cara Cek Tipe HP Nokia Asli


  • Cek IMEI langsung

Cara pertama yang satu ini adalah dengan mengetahui nomor IMEI atau nomor buatan pabrik yang telah disematkan dalam ponsel tersebut. Nomor IMEI handphone Nokia akan menjelaskan seberapa jauh kualitas dari handphone tersebut dan dimana ponsel tersebut dibuat. Caranya yakni dengan masuk ke menu telepon untuk panggilan dan ketikan angka *#06# pada telepon tersebut. Secara otomatis, sistem ponsel akan mengeluarkan angka berupa nomor IMEI yang dimiliki, nomor ini sendiri mempunyai 15 digit. Coba perhatikan saja digit nomor ke 7 dan ke 8 dari IMEI tersebut, berikut penjelasan mengenai kualitas nomor IMEI.
1. Bila digit nomor ke 7 dan 8 IMEI tersebut adalah nomor 02 atau 20, maka ponsel Nokia tersebut dibuat di negara sekitaran Arab dengan kualitas kurang bagus.
2. Untuk digit nomor 08 atau 80, maka handphone tersebut dibuat di negara Jerman dengan jenis kualitas bagus atau lumayan, tidak seburuk nomor 02 atau 20.
3. Sedangkan bila digit nomor ke 7 dan 8 adalah nomor 01 atau 10, sudah pasti ponsel tersebut dibuat di Finlandia dengan kualitas terbaik. Atau ada juga digit nomor 00 dimana pembuatan handphone berasal dari pabrik aslinya Nokia di Finlandia dan kualitas sudah terpercaya sangat bagus dan baik.
4. Yang terakhir adalah digit nomor 13, menandakan bahwa ponsel Nokia tersebut dibuat di negara Azerbaijan atau sekitarnya dimana kualitas kurang bagus.
Sebenarnya masih banyak digit nomor yang menandakan dimana smartphone tersebut dibuat, pada dasarnya peraturan ini tidak hanya berlaku bagi ponsel Nokia saja. Beberapa smartphone Android, selain Nokia, memiliki sistem penomoran yang sama dan dapat dicek langsung dengan menekan *#06# seperti tadi. Salah satu merk smartphone lain yang juga memiliki fitur pengecekan IMEI ini adalah Samsung, LG, Asus, Xiaomi, dan merk smartphone berbasis Android lainnya. Bagi Anda sendiri yang pernah mencicipi ponsel Nokia sendiri harus berbangga karena sebelum Nokia sendiri undur diri dari bisnis produksi smartphone, Anda berkesempatan mencoba ponsel yang jaman dahulu pernah memuncaki pasar telepon genggam dunia.
Advertisement
Cara Cek Tipe HP Nokia Asli dengan yang Palsu | Febry Hartanti | 5