Cara Cek SK Inpassing dan Pengertiannya

Advertisement
Cara Cek SK Inpassing - Dalam dunia pendidikan, peran guru menjadi salah satu hal yang penting untuk pembentukan karakter siswa atau anak didiknya. Bagi guru sendiri di Indonesia dibagi menjadi dua golongan dimana yang pertama adalah guru PNS, sebuah golongan yang didambakan semua pengajar. Sedangkan golongan kedua adalah guru non PNS, namun jangan khawatir karena ada yang namanya proses inpassing untuk pengajar non PNS. Inpassing sendiri sebenarnya adalah proses dimana guru non PNS akan disetarakan gajinya dengan guru PNS, asalkan syaratnya guru tersebut sudah lulus sertifikasi. Maka dari itu SK (Surat Keterangan) inpassing ini adalah hal yang penting bagi guru non PNS profesional guna mendapatkan penyesuaian gaji dengan guru PNS.


Artikel kami kali ini akan membahas mengenai cara cek SK inpassing untuk para guru non PNS melalui online tentunya. Bisa dicoba cara pertama adalah sebagai berikut.

Cara Cek SK Inpassing


- Buka situs resmi Kemendikbud hanya di http://sdm.kemdikbud.go.id:8080/ropeg-info/index.php?menu=1&submn=3

Link tersebut sudah terkoneksi ke website resmi Kemendikbud untuk mencari informasi SK inpassing guru yang bukan pegawai negeri.

- Ada beberapa menu yang muncul, Anda cukup memilih bagian yang paling bawah dimana tulisannya adalah 'INPASSING GURU BUKAN PNS'. Ada dua kolom dimana Anda hanya perlu mengisikan nomor NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan), dan nama lengkap Anda sendiri.

- Setelah semua kolom sudah dipastikan terisi, klik 'PERIKSA' dan biarkan sistem websitenya berkerja untuk mencari lampiran SK inpassing Anda.

- Setelahnya Anda akan langsung menemukan SK inpassing milik Anda sendiri apabila sudah terdaftar di situs Kemendikbud tersebut.

Pemerintah sekarang memang menetapkan peraturan yang lebih adil, dimana guru bukan PNS bisa mendapatkan kesetaraan fasilitas dan gaji yang sama dengan guru PNS. Caranya tentu saja dengan menggunakan SK inpassing, tentunya harus diikuti juga dengan kinerja yang maksimal berupa kualifikasi akademik beserta kompetensi sebagai guru pengajar. Hal ini sesuai dengan ketetapan pemerintah pada Undang-undang no 14 Tahun 2005 dan Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 yakni dengan penetapan; kualifikasi akademik dan kompetensi tenaga pengajar sebagai guru diantaranya adalah orang tersebut minimal harus berijasah S-1 atau D-IV, dan ia juga harus memenuhi tuntutan profesionalisme melalui jalur sertifikasi.

Persyaratan inpassing bagi guru non PNS sendiri terbagi menjadi beberapa macam, diantaranya adalah:

1. Guru tersebut telah mengajar dalam waktu yang cukup lama di sekolah yang memiliki izin dan operasional dari dinas pendidikan kabupaten atau dinas pendidikan provinsi.
2. Minimal harus lulusan S1 atau D-IV dengan kualifikasi akademik yang baik dan juga sesuai.
3. Masa kerja atau lama mengajar di sebuah instansi atau sekolah tersebut minimal sekurang-kurangnya dua tahun. Mata pelajaran yang juga diajarkan pun harus sesuai dengan kualifikasi dan akademik yang diperoleh, contohnya bila lulusan Sastra Inggris dapat mengajar bahasa Inggris.
4. Yang terakhir adalah memiliki NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) yang dikeluarkan langsung dari PMPTK (Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan).

Jadi untuk para guru non PNS sendiri juga berhak mendapatkan tunjangan-tunjangan tambahan layaknya guru PNS. Dengan syarat, guru tersebut memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi yang lebih, sehingga besarnya gaji dan tunjangan profesi tersebut diberikan sesuai dengan kemampuan sang pengajar tersebut.

Dari informasi cara cek SK inpassing diatas kami menyarankan pembaca juga mengunjungi artikel kami lainnya seperti Cara Cek Sisa Tiket Kereta Api dan Tempat Duduk yang Masih Tersedia.
Advertisement
Cara Cek SK Inpassing dan Pengertiannya | Febry Hartanti | 5