Cara Cek Sisa Tiket Kereta Api dan Tempat Duduk yang Masih Tersedia

Advertisement
Cara Cek Sisa Tiket Kereta Api - Menjelang lebaran atau mudik pada libur hari raya dan sebagainya tentunya akan memberikan tenaga ekstra dalam persiapannya. Kecuali jika memang perjalanan mudik bukan dimana saat libur nasional atau bahkan bukan perayaan tertentu. Mudik sendiri akan lebih murah jika dipersiapkan dari jauh-jauh hari, terutama dalam hal pemesanan tiket kendaraannya. Bus masih digunakan sebagai salah satu alat transportasi untuk pulang kampung yang paling murah. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa perjalanan menggunakan bus ternyata cukup melelahkan, khusus bagi mereka yang kampungnya berada diluar pulau Jawa atau jauh dari kota asal. Karena itu, banyak penumpang yang kini banyak beralih ke alat transportasi berupa kereta atau pesawat terbang sebagai gantinya.


Kereta menjadi moda transportasi yang juga terfavorit pilihan masyarakat untuk melintasi antar kota yang cukup jauh. Pasalnya, alat transportasi via darat ini menawarkan kecepatan tinggi melebihi bus, tanpa adanya gangguan kemacetan walaupun terkadang dibanderol dengam harga yang cukup tinggi. Sebanding dengan apa yang penumpang dapatkan mengingat mudik dengan kereta memiliki fasilitas yang lebih dari pada sebuah bus. Permasalahannya sekarang adalah bagaimana cara cek sisa tiket kereta api pada sebuah stasiun tertentu untuk pergi ke suatu tempat? Bagaimana cara mengetahui berapa sisa kursi yang masih kosong dan yang masih bisa dibooking?

Cara Cek Sisa Tiket Kereta Api


Anda dapat menemukan jawabannya pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara cek sisa tiket kereta api beserta kuota kursi yang masih tersedia.

- Langkah pertama untuk mengetahui cara cek sisa tiket kereta api yang masih kosong adalah dengan mengunjungi situs resmi KAI (Kereta Api Indonesia) yang ada di http://tiketkai.com
- Seperti halnya membuka website untuk reservasi tiket pesawat, disini Anda akan ditampilkan pada halaman pertama yang bisa langsung digunakan untuk reservasi tiket. Pada tampilan utama, cukup pilih kolom dengan tab bertuliskan 'CARI TIKET KA'.

- Disana ada beberapa kolom yang perlu Anda isi dengan ketentuan sebagai berikut; kolom 'STASIUN KEBERANGKATAN' diisi stasiun dimana Anda akan berangkat. Perlu diketahui bahwa tujuan kota tertentu hanya ada di stasiun tertentu saja, justru di stasiun lain malah tidak ada. Contohnya untuk berangkat dari Jakarta ke Jogjakarta, semua kereta hanya melalui Stasiun Gambir saja dan sampai di Stasiun Jogjakarta. Justru di Stasiun Jakarta Kota tidak tersedia jurusan Jogjakarta, dan turunnya juga tidak bisa melalui stasiun lain seperti Stasiun Lempuyangan. Maka dari itu carilah informasi terbaru sebelum membooking tiketnya, namun hal ini bisa ditanyakan nanti ke customer service KAI pada website resminya.

- Selanjutnya isikan semua kolom yang tersisa, seperti 'STASIUN TUJUAN' tanggal keberangkatan, jumlah tiket yang diinginkan untuk orang dewasa atau bersama bayi. Setelah semuanya terisi, masukan kode captcha yang tersedia dan klik 'CARI', sistem akan mulai loading untuk menampilkan jenis kereta dan informasi perjalanan.

- Sampai disini sebenarnya Anda sudah bisa memilih dan pesan jenis kereta dan jam keberangkatan yang diinginkan sendiri. Anda bisa menentukan kelas kereta apa yang ingin dinaiki seperti kereta ekonomi, bisnis, atau eksekutif. Langkah terakhir jika Anda sudah bulat untuk menentukan kereta apa yang diinginkan adalah dengan memilih 'PESAN' untuk membeli tiket tersebut.

Demikianlah cara cek sisa tiket kereta api dengan melalui situs resmi KAI, baca juga informasi dan artikel kami yang bermanfaat lainnya seperti Cara Cek Saldo T-Cash Telkomsel atau Cara Cek Pulsa Axis, Masa Aktif, Kuota, dan Informasi Lainnya.
Advertisement
Cara Cek Sisa Tiket Kereta Api dan Tempat Duduk yang Masih Tersedia | Febry Hartanti | 5