Cara Cek SC Sony Alpha dan Kamera DLSR Lainnya

Advertisement

Cara Cek SC Sony Alpha - Perkembangan teknologi tidak hanya mempengaruhi dunia telekomunikasi dan informasi saja. Tetapi nyatanya, dalam dunia fotografi, kini majunya teknologi juga membawa dampak pada pengambilan foto hingga proses pencetakannya. Salah satunya adalah berbagai perkembangan dan kemajuan jenis kamera yang digunakan dalam dunia fotografi. Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) masih menjadi alat pengambilan foto terbaik bagi beberapa fotografer. Namun tak bisa dipungkiri bahwa semakin kesini, masyarakat mulai menggunakan jenis kamera lain yang lebih kecil dan ringan. Seperti layaknya kamera drone, action camera, hingga bahkan menggunakan smartphone sendiri dengan resolusi lensa yang tak kalah dengan kamera pada umumnya.

Cara Cek SC Sony Alpha

Membahas mengenai kamera DSLR, jenis kamera yang biasanya digantun pada leher dan membuat pegal ini masih menjadi favorit bagi masyarakat di bidang fotografi. Terutama kamera DSLR dengan jenis ILC (Interchangeable Lens Camera) atau jenis kamera yang bisa diganti-ganti lensanya. Jenis kamera ini tentunya dikenal dengan harganya yang mahal dan bahkan bisa melebihi harga sebuah smartphone Android. Tetapi memang sebanding dengan kualitas dari sang kamera mengingat smartphone sebenarnya tidak dapat mengalihfungsikan dirinya sebagai sebuah kamera setara dengan DSLR. Untuk itu, bagi Anda yang berniat membeli kamera bekas guna mendapatkan harga yang lebih murah, kami mempersiapkan tips dan cara cek SC Sony Alpha, sebuah kamera DSLR merk favorit.

Sony Alpha adalah salah satu merk kamera jenis DSLR berseri A atau merupakan sebuah singkatan dari seri Alpha. Sedangkan SC adalah singkatan dari Shutter Count dimana SC ini merupakan jumlah berapa banyak kamera tersebut sudah digunakan untuk pengambilan foto. Bagi yang ingin membeli kamera bekas wajib mengecek berapa banyak SC yang dimiliki oleh kamera tersebut. Karena hal itu bertujuan untuk mengetahui seberapa lama usia dari kamera itu sendiri. Kali ini kami memberikan informasi cara cek SC Sony Alpha karena merk Sony sebenarnya tidak memiliki alat pengecek SC secara otomatis. Beberapa merk, termasuk Sony tidak mempunyai alat tersebut, berbeda halnya dengan kamera Nikon dan Canon yang sudah otomatis tersedia tool untuk mengetahui jumlah SCnya.

Sony sendiri mengharuskan penggunanya datang ke kantor mereka untuk pengecekan SC dari kamera yang bersangkutan. Tentunya akan merepotkan bila Anda harus jauh-jauh menemukan service center resmi Sony, begitu juga dengan service center kamera merk lainnya. Maka dari itu, berikut pedoman cara cek SC Sony Alpha menggunakan internet dan bisa dicek sendiri masing-masing.

Cara Cek SC Sony Alpha


- Pertama-tama buka situs http://tools.science.si/index.php pada browser laptop.
- Klik 'UPLOAD FILE FROM YOUR COMPUTER' dan pilih 'BROWSE' untuk mengupload filenya.
- Yang harus diupload adalah foto hasil jepretan kamera DSLR Sony Alpha masing-masing, dan pastikan agar resolusinya yang kecil saja sehingga tidak memakan waktu banyak saat proses upload.
- Klik tombol 'DO IT' setelahnya dan biarkan foto terupload, setelah selesai semua proses, hasil SC akan muncul dengan format sebagai berikut:

Shutter actuations made up to file <nama file dari foto yang upload tadi>: <jumlah SC yang ditampilkan>

Satu hal lagi yang perlu diketahui bahwa situs diatas bisa mendeteksi SC seluruh kamera DSLR jenis Sony Alpha kecuali tipe Sony Alpha A100 A200 A300 A350 and A700.

Simak informasi bermanfaat lainnya dari beberapa artikel kami seperti Cara Cek Saldo SMS Banking Mandiri dan Registrasinya atau Cara Cek Saldo SMS Banking BRI Secara Praktis dan Mudah.
Advertisement
Cara Cek SC Sony Alpha dan Kamera DLSR Lainnya | Febry Hartanti | 5