Cara Cek Rekening BRI Menggunakan Internet Banking

Advertisement
Cara Cek Rekening BRI - Membicarakan mengenai perbankan di Indonesia saat ini sudah mulai beekembang dengan sangat pesat. Bahkan bank di tanah air pun dipengaruhi oleh berbagai macam perkembangan teknologi dan telekomunikasi. Karena itulah sekarang banyak yang memakai internet banking sebagai salah satu fitur yang memudahkan para nasabah mengatur keuangannya. Pada jaman dulu, masyarakat harus bergerak ke bank atau atm untuk keperluan pengecekan saldo tabungan, penarikan uang, hingga pembayaran tertentu. Namun sekarang dengan adanya internet banking, semuanya terasa lebih mudah karena kini pengecekan dan pembayaran apapun bisa dilakukan kapan saja dimana saja mengunakan smartphone dari si pengguna dan nasabah.



Salah satunya adalah BRI (Bank Rakyat Indonesia) yang didirikan sejak tahun 1895 ini sudah melayani masyarakat di tanah air. BRI terkenal untuk para pembisnis mikro kecil hingga menengah dan menjadi bank kedua terbesar di Indonesia berdasarkan aset di tahun 2010. Pada masa kemerdekaan Indonesia sendiri, BRI resmi menjadi bank milik pemerintah Indonesia dimana keseluruhan saham dipegang oleh pemerintah. Walaupun dijalankan oleh pemerintah Indonesia, namun fasilitas yang disediakan untuk nasabah BRI sendiri sudah lengkap. Terutama dengan adanya internet banking khusus pengguna BRI ini, kami akan segera menginformasikan mengenai cara cek rekening BRI menggunakan metode tersebut.

Cara Cek Rekening BRI


Cara cek rekening BRI menggunakan internet banking yang pertama kali harus dilakukan adalah dengan mendaftarkan melalui mesin ATM. Karena nanti, username beserta password log in akan didapatkan secara rahasia dan hanya nasabahlah yang mengetahuinya. Transaksi menggunakan internet banking BRI akan membutuhkan mTOKEN dimana mTOKEN ini adalah sebuah angka sebanyak 5 digit yang harus dimasukan ke internet banking dalam transaksi menggunakan internet banking tersebut. mTOKEN sendiri akan dikirimkan secara otomatis ke nomor telepon nasabah, tetapi cara pendaftaran nomor telepon untuk penerimaan mTOKEN ini harus dilakukan di Customer Service pada kantor BRI atau kantor cabang BRI.

Setelah mendapatkan keterangan log in dan nomor handphone telah terdaftarkan sepenuhnya untuk penerimaan nomor mTOKEN, untuk selanjutnya nasabah hanya perlu membuka website internet banking BRI yakni di situs http://ib.bri.co.id. Pada dasarnya bila ingin sekedar mengecek saldo yang terdapat dalam rekening BRI cukup log in dan pilih pada menu informasi rekening dan saldo. Tetapi jika nasabah ingin melakukan transaksi, entah itu transfer atau membeli pulsa dan sebagainya, nasabah harus memasukan nomor mTOKEN terlebih dahulu. Cara meminta mTOKEN sendiri terdapat pada tutorial website internet banking BRI, nomor mTOKEN akan dikirimkan langsung via sms ke nomor nasabah yang bersangkutan. Nomor mTOKEN ini hanya berlaku untuk transaksi selama satu kali transaksi saja, dan apabila telah digunakan untuk transaksi lain, maka nasabah harus meminta nomor mTOKEN baru lagi untuk dikirimkan via sms.

Transaksi melalui internet banking dengan tambahan mTOKEN ini sebenarnya cukup aman, agar akun sang nasabah tidak digunakan oleh orang lain. Website internet banking BRI sendiri sudah sangat ketat pengamanannya, didukung dengan perlindungan teknologi kriptografi enkripsi SSL (Secure Socket Layer) yang mampu menjadikan semua data transaksi menjadi sebuah kode. Perlindungan keamanan menjadi dua kali lipat karena nasabah asli yang hanya dikirimkan nomor mTOKEN tersebut melalui nomor ponsel pribadi yang bersangkutan.

Lebih mudah dan praktis tentunya untuk cara cek rekening BRI menggunakan sms atau internet bankin tersebut, simak juga artikel bermanfaat serta informatif lainnya.
Advertisement
Cara Cek Rekening BRI Menggunakan Internet Banking | Febry Hartanti | 5