Cara Cek Masa Aktif Domain Sebuah Website Dengan Mudah

Advertisement
Cara Cek Masa Aktif Domain - Bagi mereka yang bekerja pada bagian IT pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah domain. Untuk sebagian besar orang yang memiliki alamat website tersendiri sudah pasti tahu apa itu domain. Bisa dikatakan bahwa domain itu sendiri adalah nama sebuah website, contohnya adalah domain yang kami gunakan, yakni caracekinternet.com. Domain digunakan untuk mempermudah para pencari informasi di internet menemukan alamat website kita. Sedangkan domain sendiri memiliki dua bagian komponen utama yakni nama domain dan extension domain. Nama domain contohnya adalah CaraCekInternet, sedangkan extension dari sebuah domain tersebut adalah .com, atau .co.id, dan masih banyak lagi yang lain sebagainya.


Kali ini kami akan membahas mengenai cara cek masa aktif domain secara mudah. Tetapi sebelumnya ada yang perlu kami jelaskan mengenai apakah yang dimaksud dengan masa aktif domain tersebut. Bagi website gratisan, dimana diakhiran website tersebut berextension .wordpress.com atau .blogspot.com, maka tidak ada masa aktif domain, dimana website tersebut akan tetap aktif selamanya. 

Tetapi jika menggunakan nama domain tersendiri tanpa embel-embel wordpress atau blogspot di antara nama domain tersebut, maka website itu adalah website berbayar. Pada dasarnya, masa aktif sebuah website adalah selama satu tahun, lewat dari satu tahun maka pengguna dikenakan biaya kembali untuk perpanjangan website tersebut.

Cara Cek Masa Aktif Domain


Website yang sudah kadaluarsa atau masa aktifnya sudah habis tidak dapat dibuka dan kesempatang bagi orang lain membeli atau bahkan mengambil nama domain website tersebut sangat besar. Karena itu sebelum domain memasuki masa tenggang, pemilik perlu mengetahui cara cek masa aktif domain sebelum terlambat. Cara cek masa aktif domain cukup mudah, kali ini kami akan menginformasikannya melalui website who.is saja. Who.is dikhususkan untuk menemukan informasi mengenai siapa pemilik domain hingga kapan domain akan expired secara lengkap. Untuk mengetahui kapan masa aktif domain tersebut akan berakhir, silahkan kunjungi who.is dan isikan nama domain yanh ingin dicek. Klik ikon search dan tunggu hingga website menampilkan informasi penting selanjutnya.

Hal yang terpenting yang perlu dilihat dalam website who.is tersebut adalah bagian 'IMPORTANT DATES'. Di dalamnya terdapat list berupa 'EXPIRED ON' yakni tanggal expired kapan website tersebut akan berakhir masa aktifnya. Lalu ada juga informasi berupa 'REGISTERED ON', dimana tercantum tanggal sejak kapan domain tersebut terdaftarkan. Dan ada juga informasi tanggal 'UPDATED ON' mengenai waktu kapan domain tersebut diupdate atau diperbaharui. Pada dasarnya, setelah memasuki masa tenggang, domain tersebut akan suspend dan tidak dapat dikunjungi kecuali pemilik membayarkan biaya perpanjangan domain tersebut. Masa suspend itu memiliki batas hingga 30 hari, masih dapat dibayarkan dengan harga normal, lalu ada tambahan 35 hari untuk auto renew apabila kondisi domain masih dalam status pembayaran atau belum. Lewat dari total 30 hari dan 35 hari tersebut belum dibayarkan, pemilik harus bersiap-siap untuk domainnya dihapus atau bila ingin diperpanjang harus membayarkan biaya harga normal dikalikan 400% atau 4 kali lipatnya.

Itulah salah satu cara cek masa aktif domain dengan menggunakan layanan website who.is, website ini juga mampu memberikan informasi yang berguna lainnya. Seperti siapa nama pemilik domain, alamat, nomor telepon, sampai tanggal domain tersebut dibuat dan masa berlakunya. Baca juga beberapa artikel menarik kami lainnya yaitu Cara Cek Jaringan dan Kecepatan Koneksi Internet dan Cara Cek IP Publik Dengan Cepat dan Mudah.
Advertisement
Cara Cek Masa Aktif Domain Sebuah Website Dengan Mudah | Febry Hartanti | 5