Cara Cek Madu Asli dan Campuran yang Palsu

Advertisement
Cara Cek Madu Asli - Madu memiliki khasiat luar biasa yang banyak digunakan untuk keperluan kesehatan tubuh dan bahkan kecantikan. Madu memiliki khasiat membantu metabolisme tubuh untuk mencegah berbagai macam penyakit. Madu pun banyak dipakai untuk kecantikan kulit, wajah, hingga tubuh untuk perawatan tertentu. Tetapi perlu diperhatikan bahwa madu tersebut apakah asli atau tidak, karena madu campuran atau yang palsu tentunya tidak memiliki ganyak khasiat layaknya madu asli.



Untuk membedakannya mana madu murni yang asli dengan madu campuran tentu tidaklah hal yang sangat susah untuk dilakukan. Karena untuk membedakannya memang menjadi sebuah hal yang susah susah gampang, dan jika sudah paham bakalan sangat mudah untuk membedakannya mana yang asli dan bukan. Nah, berikut ini kami sediakan tips bagaimana mengetahui antara madu asli (murni) dengan madu campuran. 

Cara Cek Madu Asli


1. Masukan madu ke dalam air

Cara pertama yang paling mudah adalah yakni memasukan satu tetes madu ke dalam segelas air. Jika madu tersebut langsung tenggelam dengan cepat ke bagian dasar gelas dan tidak larut di dalam air, maka sudah dipastikan bahwa madu tersebut asli. Namun sebaliknya, jika tetesan madu tersebut terapung atau mengambang di tengah-tengah air, madu tersebut berarti sudah diberikan campuran sehingga tidak murni. Tetapi bila tetesan madu tenggelam juga tidak menjamin keaslian madu tersebut, terutama bila tetesan madu sangat lama sekali jatuhnya ke dalam dasar gelas, dipastikan sebenarnya madu tersebut sudah dicampur zat lain alias tidak murni.

2. Gunakan korek api

Cara cek madu asli yang kedua dan yang juga paling mudah adalah dengan menggunakan korek api manual berbentuk batangan. Korek api pada bagian ujungnya yang berwarna cokelat gelap dimasukan ke dalam madu, kemudian tes untuk menggesekan korek tersebut apakah akan terbakar atau tidak. Madu asli pada dasarnya walaupun sangat kental, tetap akan membuat korek tersebut terbakar dan menyala, sebaliknya bila madu sudah dicampur zat lain, maka korek api tersebut tidak akan menyala. Karena madu campuran mengandung konsentrasi air yang mencegah korek api tersebut untuk menyala.

3. Masukan kedalam lemari es

Ini juga adalah cara cek madu asli ketiga yang sangat mudah, dengan memasukan madu tersebut ke dalam lemari es. Pastikan untuk memasukan madu ke bagian atas lemari es dimana memiliki titik beku paling besar, yang biasanya digunakan untuk menyimpan es batu. Apabila madu tersebut asli, seberapa rendah suhu tempatnya berada, madu tidak akan semudah itu menjadi beku. Bahkan terkadang madu asli tidak bisa dibekukan, membutuhkan waktu yang sangat lama hingga seharian untuk membekukannya. Sebaliknya, bila madu menjadi beku langsung dalam beberapa saat saja, maka sudah pasti madu tersebut sudah merupakan madu campuran yang tidak murni.

4. Menggunakan kertas

Menggunakan kertas adalah salah satu cara cek madu asli yang paling mudah dibandingkan cara lainnya. Gunakan kertas HVS putih atau kertas biasa yang memiliki tekstur lumayan tebal dan tidak mudah sobek. Coba teteskan madu tersebut ke atas kertas yang sudah disiapkan, biarkan beberapa saat, paling tidak satu menit. Apabila kertas mudah sobek, serta tetesan madu tersebut sampai menetes balik pada bagian belakang kertasnya, maka madu tersebut merupakan madu campuran zat lain, bukan madu murni. Namun sebaliknya, jika kertas tidak sobek, dan madu tidak langsung tembus pada bagian baliknya, maka madu tersebut merupakan madu asli.

Informasi cara cek madu asli dan madu yang campuran ini bisa diterapkan sendiri di rumah dengan mudah, pastikan untuk selalu cermat dan teliti sebelum membeli produk madu ini. Kami juga memiliki beberapa artikel berguna dan menarik lainnya seperti Cara Cek Lokasi No HP Dengan Aplikasi Android atau Cara Cek Kuota AS, Simpati, Halo, dan Telkomsel Secara Lengkap.
Advertisement
Cara Cek Madu Asli dan Campuran yang Palsu | Febry Hartanti | 5