Cara Cek Kode Booking Tiket Lion Air Asli dan Palsu

Advertisement
Cara Cek Kode Booking Tiket Lion Air - Lion Air adalah salah satu maskapai penerbangan di Indonesia yang juga banyak diminati oleh beberapa sebagian besar masyarakat. Lion Air menyediakan fasilitas penerbangan bertaraf nasional yang melayani penerbangan domestik atau antar kota di Indonesia maupun mancanegara.


Lion Air sendiri berafiliasi dengan Batik Air dimana Batik Air kebanyakan melayani penerbangan domestik lebih utama dibandingkan dengan induk perusahaannya yakni Lion Air. Informasi kali ini kami akan membagikan mengenai cara cek kode booking tiket Lion Air untuk memastikan apakah itu kode booking asli atau palsu. Karena banyaknya modus penipuan yang mengatasnamakan travel atau pemesanan tiket pesawat baru-baru ini.

Sebelumnya, kami pernah menjelaskan mengenai cara cek kode booking tiket Citilink yang dapat dibaca di artikel ini Cara Cek Kode Booking Tiket Citilink Untuk Menghindari Penipuan. Artikel tersebut juga dapat membantu beberapa orang untuk memerangi penipuan bermodus agen pemesanan tiket pesawat. Sebagai konsumen, kita disarankan untuk pintar dan cermat, jangan hanya tergiur dengan adanya harga yang terlampau murah.

Ada baiknya untuk memesan tiket pesawat sendiri tanpa perlu bantuan agen dari travel lain, pemesanan tiket sendiri cukup mudah asalkan sudah mengetahui prosedurnya yang benar. Sekarang kita lanjut saja untuk membahas cara cek kode booking tiket Lion Air dengan mudah berikut ini.

Cara Cek Kode Booking Tiket Lion Air


- Kunjungi website http://lionair.co.id dan pastikan untuk memilih bahasa bawaan bahasa Indonesia terlebih dahulu supaya mudah dipahami. Namun bagi yang mengerti bahasa Inggris dapat langsung membiarkannya dalam bahasa Inggris bila sudah paham cara cek kode booking tiket Lion Air. Untuk menampilkan tampilan berbahasa Indonesia, silahkan pilih menu bahasa yang diinginkan pada bagian kanan atas website. Namun kali ini kami akan memakai menu berbahasa Inggris untuk menjelaskannya secara umum dan lebih gamblang.


- Setelah semuanya disesuaikan dengan bahasa Indonesia, silahkan klik pada bagian ‘PLAN YOUR TRIP’ untuk memilih beberapa menu. Silahkan pilih ‘RETRIEVE BOOKING’ untuk memeriksa status pembelian tiket pesawat.

- Pada jendela yang sudah terbuka dengan tulisan ‘RETRIEVE BOOKING’ akan terdapat beberapa kolom isian yakni ada ‘BOOKING REFERENCE (PNR)’ yang harus diisi dengan kode booking dari tiket pesawat yang sudah dibeli. Lalu ada juga nama penumpang, nama pertama dan nama terakhir, serta tanggal penerbangan dari penumpang yang bersangkutan. Pada tahap ini, pastikan bahwa tiket pesawat yang dipesan memang sudah dibayarkan sehingga sudah diberikan kode booking tiket pesawatnya. Klik ‘RETRIEVE’ saat semua isian tersebut sudah diisi.

- Tunggu beberapa saat untuk sistem website sedang mencari informasi penerbangan dari kode booking yang telah dimasukan. Jika kode booking tersebut benar, detail penerbangan akan langsung muncul dalam jendela baru yang berjudul ‘BOOKING DETAIL’. Maka sudah pasti tiket yang dipesan tersebut sudah asli karena sudah terdaftar dalam bookingan program Lion Air. Tetapi apabila kode booking tersebut ternyata tidak menghasilkan informasi penerbangan dan bookingan apapun, sudah pasti kode booking tersebut palsu. Perlu diperhatikan juga mengenai status dari informasi penerbangan yang sudah ditampilkan tersebut, apabila nanti bookingan tetap ditemukan, tetapi bagaimanapun tetap harus berhati-hati. Status bookingan harus bertuliskan ‘CONFIRMED’ yang berarti tiket pesawat tersebut sudah dibayarkan dan asli. 

Namun bila status malah bertuliskan ‘NOT CONFIRMED, atau ‘NOT TICKETED’, bisa jadi bookingan tersebut belum issued atau belum dibayarkan. Sehingga ada kemungkinan maskapai malah akan membatalkan bookingan tersebut bila dalam jangka waktu tertentu belum dibayarkan sama sekali.
Advertisement
Cara Cek Kode Booking Tiket Lion Air Asli dan Palsu | Febry Hartanti | 5