Cara Cek IMEI HP Untuk Mengetahui Keaslian Smartphone

Advertisement
Cara Cek IMEI HP - Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan jaman, sejalan pula dengan cepatnya teknologi yang berkembang mau dan pesat saat ini. Membicarakan perihal teknologi tidak lepas dari penemuan baru mengenai gadget, smartphone, dan alat komunikasi dan informasi lainnya. Sebagai hasilnya, banyak sekali model dan merk dari sebuah smartphone yang dijual di pasaran seluruh dunia. Tak terkecuali di Indonesia sendiri yang termasuk konsumen gadget yang besar di antara negara lainnya di dunia. Namun sayangnya, dengan kemajuan teknologi dan gadget yang berkembang pesat ini menjadikan beberapa oknum tidak bertanggung jawab untuk melakukan kecurangan. Salah satunya adalah pemalsuan dan tiruan produk smartphone, walaupun hal ini sendiri dapat dicegah dengan cara cek IMEI HP.


Banyak cara cek IMEI HP yang bisa dilakukan, kali ini kami akan merangkumnya secara mudah dan singkat. IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity yang berupa sebuah kode atau nomor. Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengecek nomor IMEI smartphone Anda dari dalam hardware ponsel tersebut. Namun tidak perlu khawatir bila Anda harus membuka bagian ponsel Anda, cukup buka bagian belakang smartphone dan lepaskan baterainya. Di dalamnya akan tercantum beberapa kode yang menunjukan keaslian ponsel Anda, salah satunya adalah kode atau nomor IMEI.

Cara Cek IMEI HP


Cara cek IMEI HP yang kedua adalah melakukan beberapa tes yang hanya bisa dilakukan oleh smartphone buatan produsen asli. Diantaranya dengan menekan *#06# dan tunggu beberapa saat, ponsel Anda akan secara otomatis menunjukan nomor IMEI dari sistem smartphone tersebut. Sebagai tambahan informasi, Anda bisa mendeteksi keaslian dari nomor IMEI tersebut melalui situs http://imei.info dengan memasukan nomor IMEI smartphone Anda pada kolom nomor IMEI. Setelahnya klik ‘CHECK’ dan sistem dari website tersebut akan menampilkan informasi jenis smartphone dan ponsel berdasarkan nomor IMEI tersebut. Jika informasi tersebut benar dan sesuai dengan ponsel Anda, maka sudah dipastikan smartphone Anda adalah ponsel asli yang kompatibel.

Untuk cara cek IMEI HP yang terakhir adalah dengan melihatnya langsung di bagian kotak kemasan smartphone saat Anda pertama kali membelinya. Lalu bila Anda ingin mengetahui apakah handphonenya sesuai dengan nomor IMEI pada smartphone, maka Anda bisa mencocokan nomor dalam box tersebut dengan nomor IMEI yang telah di cek di *#06#. Bila nomornya sama, berarti smartphone tersebut adalah ponsel asli buatan pabrik, bukan merupaka tiruan atau palsu. Tetapi jika nomor IMEI berbeda, ada kemungkinan bahwa smartphone tersebut KW, palsu, atau tiruan. Bisa jadi juga bahwa ponsel tersebut merupakan ponsel curian atau bekas. Sebagai konsumen, kita harus berhati-hati dengan modus penipuan seperti ini.

Nomor IMEI sendiri merupakan sebuah kode dengan 15 digit nomor yang dibagi dalam beberapa kelompok huruf yaitu AA BBBB CC DDDDDD E dimana AA adalah Kode Negara, BBBB merupakan Kode Final Assembly, CC yaitu Kode Manufaktur, DDDDDD yakni adalah Nomor Serial, dan terakhir E adalah sebuah kode tambahan.

Ketiga cara cek IMEI HP tersebut bisa dicoba sendiri oleh Anda untuk memastikan apakah ponsel smartphone Anda asli atau tidak. Sebenarnya masih ada cara lain guna mengetahui keaslian handphone tersebut, salah satunya bisa di cek di artikel kami yang satu ini Cara Cek HP Samsung Original dan Tiruan Dengan Mudah atau Cara Cek HP Samsung Asli dan Palsu Dengan Mudah.
Advertisement
Cara Cek IMEI HP Untuk Mengetahui Keaslian Smartphone | Febry Hartanti | 5