Cara Cek HP Samsung Original dan Tiruan dengan Mudah

Advertisement
Cara Cek HP Samsung Original - Smartphone Samsung adalah salah satu brand gadget populer yang sudah mendunia, tidak hanya di Indonesia saja. Maka dari itu karena kepopulerannya, banyak orang tidak baik yang menjadikan hal tersebut sebagai peluang untuk menciptakan smartphone palsu atau tiruan. Terutama untuk merk Samsung yang memang sudah sangat terkenal, karena hal ini juga konsumen banyak yang dirugikan. Untuk menghindari hal tersebut, kami sudah menyiapkan cara cek HP Samsung original untuk membedakannya dengan HP Samsung tiruan yang juga banyak beredar. Cara cek HP Samsung original ini tidak sulit dan dapat Anda coba sendiri untuk mempraktekannya.

Cara Cek HP Samsung Original


Menilai tampilan luar smartphone


Mari kita mulai cara cek HP Samsung original dari tampilan bentuk body dan luarnya. Samsung memiliki tombol menu terletak di tengah bagian bawah, dan posisinya sesuai, tidak miring dan juga seimbang. Tidak seperti Samsung yang tiruan, rata-rata tombol menunya agak miring, tidak simetris, bahkan tidak seimbang. Layar ponsel pintar Samsung yang asli sangat lebar dan hanya meninggalkan sisa sisi yang sangat kecil dengan tepi-tepiannya. Dari situ sendiri sudah dipastikan bahwa originalitas dari smartphone tersebut tidak lagi diragukan.


Cocokan kode IMEI


Kode IMEI adalah kode produksi pada kotak atau box kemasan smartphone tersebut, namun juga dapat dicek langsung di smartphone dengan menekan *#06# dari menu telepon. Kode IMEI yang muncul pada ponsel harap disamakan dengan kode yang tertera pada box kemasan untuk menjamin keasliannya. Cara cek HP Samsung original ini juga mampu membuktikan bahwa smartphone tersebut original atau bukan. Bila setelah menekan kode diatas, ponsel tidak menunjukan kode IMEI, maka dipastikan bahwa smartphone tersebut hanya tiruan alias palsu, bukan yang benar-benar asli.

Melalui aplikasi Samsung KIES di komputer


Samsung KIES adalah aplikasi resmi dari perusahaan Samsung yang berfungsi menghubungkan smartphone atau tablet merk Samsung ke komputer. Samsung KIES hanya mendeteksi smartphone Samsung saja, apabila ponsel Samsung Anda dihubungkan ke komputer dan tidak dapat terdeteksi, maka sudah pasti smartphone Samsung tersebut palsu.

Segel di baterai dalam smartphone


Umumnya, keaslian segel dalam baterai jarang sekali ada yang bisa menirunya, kalaupun ada, itu tidak sama persis. Samsung asli yang dijual di Indonesia akan memiliki segel mengkilap dengan bertulisan SEIN, hal tersebut berarti Samsung Electronic Indonesia. Ponsel Samsung yang asli dengan logo ini merupakan gadget yang dijamin garansinya oleh Samsung Electronic Indonesia.

Aplikasi khusus hanya dari Samsung


Salah satu cara cek HP Samsung original yang lebih mudah yakni dengan mengecek aplikasi bawaan dari sang smartphone. Samsung yang asli memiliki aplikasi bawaan seperti S Translator, S Planner, Samsung Apps, S Voice, dan masih banyak lagi yang lain sebagainya. Jika aplikasi tersebut tidak tersedia sejak awal Anda membeli ponsel Samsung, berarti itu adalah ponsel palsu. Seharusnya aplikasi tersebut otomatis tersedia dan tidak dapat diuninstal atau didownload di tempat lain.

Masih banyak lagi cara cek HP Samsung original dengan membandingkan harga, kecepatan internet, aplikasi khusus, hingga dari kemasan box atau kardus smartphone tersebut. Pastikan Anda selalu berhati-hati untuk menjadi konsumen yang pintar dan cerdas dalam membedakan mana gadget yang asli maupun yang bukan. Lihat juga artikel Cara Cek HP 4G Dengan Mudah di Semua Smartphone.
Advertisement
Cara Cek HP Samsung Original dan Tiruan dengan Mudah | Febry Hartanti | 5