Cara Cek Domain, Status, dan Informasi Domain Secara Lengkap dan Mudah

Advertisement
Cara Cek Domain - Dalam membuat website, tentunya ada provider atau vendor yang menawarkan domain atau website gratis tanpa biaya apapun. Beberapa diantaranya adalah yang paling terkenal yakni Wordpress dan juga Blogspot buatan Google langsung. Namun tetap saja domain atau nama dari website tersebut menggunakan nama sang vendor, bukan nama asli milik kita sendiri. Salah satu contohnya adalah http://website.wordpress.com atau http://website.blogspot.com yang merupakan domain gratisan. Sedangkan untuk domain berbayar sudah tidak memakai nama vendor atau embel-embel provider website tersebut dibelakangnya, contohnya adalah website kami di http://caracekinternet.com.

Maka dari itu, kami akan memberikan informasi mengenai cara cek domain secara lengkap termasuk status dari domain tersebut apakah sudah digunakan seseorang atau belum. Karena bila domain tersebut ternyata sudah ada yang menggunakannya, maka tidak dapat dipakai lagi kecuali domain yang bersangkutan telah habis masa berlaku atau suspend. Tetapi bila sebaliknya bila domain masih belum ada orang yang menggunakannya, maka bisa diklaim dan digunakan sebagai domain Anda. Kami juga akan memberikan sekaligus informasi mengenai pemilik domain apabila domain tersebut sudah dimiliki oleh seseorang atau sebuah lembaga. Ada banyak cara sebenarnnya untuk mengetahui informasi detail tersebut, beberapa diantaranya adalah dengan cara cek domain melalui beberapa website khusus. Untuk mengetahui apakah nama domain tersebut sudah dipakai atau belum bisa mengunjungi artikel kami di Cara Cek Domain yang Tersedia dengan Mudah.


Selain itu, ada juga cara cek domain yang sudah digunakan guna mengetahui status domain tersebut masih aktif atau tidak. Yakni dengan mengunjungi situs dibawah ini;

http://whois.jux.in
http://centralops.net/co/DomainDossier.aspx

Kegunaan dari kedua situs tersebut yakni dapat membantu cara cek domain mengenai status keaktifan dari domain tersebut. Website tersebut menyediakan informasi mengenai masa aktif dari domain yang bersangkutan, kapan domain tersebut akan expired atau suspend, informasi dari pemilik domain tersebut apakah perorangan atau sebuah lembaga, hingga informasi server hosting domainnya.

Selain cara diatas, berikut ini juga ada beberapa website yang mampu mengetahui cara cek domain yang lebih lengkap dari sebuah website, seperti melacak apakah website tersebut menggunakan blogspot, wordpress, joomla, codeigniter, drupal, dan lain sebagainya.

http://developer.google.com

Tool khusus buatan Google ini hanya menampilkan informasi luar seputar website atau domain tersebut. Tetapi uniknya, tool ini mampu memprediksikan kecepatan pembukaan sebuah domain di smartphone maupun di komputer dengan menggunakan presentase tertentu.

http://who.is
Vendor ini juga yang paling terkenal untuk mengetahui informasi lengkap dari sebuah domain. Karena itu, kami merekomendasikan situs ini juga sebagai cara cek domain serta status dari ketersediaan domain tersebut. Kerennya, vendor ini dapat mencari tahu informasi dari siapa nama pemilik domain, alamat pemilik, kontak, nomor telepon, email, hingga detail mengenai kapan website atau domain tersebut didirikan.

http://builtwith.com

Untuk vendor yang satu ini digunakan untuk cara cek domain yang menggunakan wordpress, blogger, joomla, codeigniter, drupal, dan sistem lain. Layout dari sebuah website atau domain tersebut menggunakan sistem apa, hingga sistem website yang menggunakan CDN layaknya Amazon, dan beberapa fitur unggulan lainnya.

Cara cek domain tersebut bisa Anda coba masing-masing sebelum membuat website atau membeli sebuah domain. Terutama bagi mereka yang ingin membuat domain untuk urusan bisnis perlu membaca Cara Cek CV Resmi dan Perusahaan Terdaftar Lainnya Secara Online untuk menunjang bisnis Anda.
Advertisement
Cara Cek Domain, Status, dan Informasi Domain Secara Lengkap dan Mudah | Febry Hartanti | 5