Cara Cek CV Resmi dan Perusahaan Terdaftar Lainnya Secara Online

Advertisement
Cara Cek CV Resmi - Di era modern seperti ini sudah banyak sekali perusahaan, PT, CV, firma, dan produsen lainnya yang menawarkan dan menjual barang atau jasa mereka kepada masyarakat. Namun pertanyaan terpenting sekarang adalah, apakah kita tahu bahwa perusahaan tersebut legal atau tidak? Bagaimana dengan keresmian produsennya? Apakah produk dan jasanya aman dan sudah terjamin resmi? Terutama bagi Anda yang sering berbelanja online dimana toko online belum tentu terdaftar produknya. Salah satu upaya untuk mengetahui hal tersebut adalah yakni dengan cara cek CV resmi mereka, dalam arti apakah perusahaan mereka terdaftar secara hukum di Indonesia atau tidak.

Toko online yang hanya berdiri asal-asalan seperti di media social lainnya, bahkan tanpa ada website resmi sudah pasti belum terdaftar. Apa lagi mereka yang menciptakan produk barang konsumsi oleh mereka sendiri, dalam arti mereka adalah produsennya langsung, bukan hanya sekedar distributor atau reseller. Dalam hal ini, toko mereka tidak dapat dinamakan sebagai sebuah perusahaan atau CV yang resmi. Maka dari itu, kami akan memberikan tips mudah mengenai cara cek CV resmi dan beberapa perusahaan terdaftar lainnya secara online.


Berikut langka-langkah mudah cara cek CV resmi secara online maupun secara manual:


  1. Kunjungi salah satu situs resmi pemerintah yang mengurus mengenai legalitas dari sebuah CV, PT, firma, atau perusahaan tersebut. Salah satu situsnya adalah https://ahu.go.id/pencarian/profil-pt.
  2. Masuk ke link tersebut dan layar akan menampilkan kolom bertuliskan ‘PENCARIAN PERSEROAN’.
  3. Selanjutnya cukup masukan nama perusahaan, PT, CV, atau firma yang ingin dicari dan klik tombol ‘CARI’.
  4. Bila sudah ketemu, disana akan ditampilkan profil perusahaan, CV, PT, atau firma tersebut secara lengkap dan keseluruhan, yang berarti bahwa perusahaan yang dicari tersebut sudah terdaftar secara resmi.
  5. Perlu diketahui apabila nama perusahaan tidak tercantum, maka sudah dipastikan bahwa CV, PT, firma, atau perusahaan tersebut tidak resmi alias abal-abal. Anda bisa melaporkannya langsung ke pemerintah dengan kembali ke halaman situs diatas dan mengklik ‘FORM PENGADUAN’.
  6. Masih ada alternatif lain yang juga lebih mudah untuk cara cek CV resmi, yakni dengan mengunjungi website http://sisminbakum.go.id. Namun cara ini hanya akan membuktikan apakah notaris dari CV tersebut adalah notaris resmi, tentunya notaris yang resmi berarti CV atau perusahaan tersebut juga sudah resmi.
  7. Setelah masuk ke dalam situs tersebut, klik pada pilihan ‘DIREKTORI NOTARIS’.
  8. Selanjutnya Anda hanya perlu mengisikan nama notaris yang bersangkutan dan selanjutnya pilih ‘SUBMIT’.
  9. Lalu setelahnya akan muncul beberapa nama notaris yang bersangkutan, pastikan Anda memilih nama yang sesuai dengan notaris CV atau perusahaan tersebut, lalu klik namanya.
  10. Perlu diingat juga bila nama notaris sudah tercantum dalam website tersebut, maka sudah pasti CV atau perusahaan yang dimaksud adalah perusahaan resmi yang sudah terdaftar oleh pemerintah.
  11. Sebaliknya apabila nama notaris sama sekali tidak tercantum, sudah pasti CV, PT, atau firma dari perusahaan yang Anda cari bukanlah perusahaan resmi yang sudah terdaftar. Maka dari itu, pastikan Anda berhati-hati sebelum melakukan transaksi atau pembelian dari sebuah CV, PT, atau perusahaan yang masih kurang jelas informasinya.


Itulah informasi dari cara cek CV resmi dan beberapa perusahaan terdaftar lainnya secara online. Temukan tips, trik, dan tutorial cara lainnya di http://www.cekinternet.com/. Lihat juga informasi-informasi menarik lainnnya mengenai cara cek BPOM dengan aplikasi Android Cek BPOM atau DATA PRODUK TEREGISTRASI di Cara Cek BPOM Dengan Aplikasi Android dan cara cek barang JNE dengan aplikasi Android My JNE di Cara Cek Barang di JNE Dengan Aplikasi Android.
Advertisement
Cara Cek CV Resmi dan Perusahaan Terdaftar Lainnya Secara Online | Febry Hartanti | 5