Cara Cek BPOM Dengan Aplikasi Android

Advertisement
Cara Cek BPOM - Bagaimana cara cek keaslian produk melalui nomor BPOM? Sebagai konsumen yang cermat dan pintar, terntunya di jaman modern ini, masyarakat perlu dituntut untuk selalu waspada. Terutama terhadap produk yang baru saja keluar atau produk yang tidak terlalu dikenal oleh orang banyak. Karena di era canggih seperti ini, tidak sedikit produk makanan, minuman, obat, hingga kosmetik yang tidak baik untuk kesehatan namun masih banyak beredar di kalangan masyarakat. Salah satu cara menghindari hal tersebut yakni adalah dengan mengetahui apakah nomor BPOM produk tersebut terdaftar secara resmi atau tidak. Sebenarnya cara cek BPOM sendiri tidaklah sulit, tidak perlu repot sampai harus datang ke kantor BPOM itu sendiri untuk membuktikannya.


Salah satu upaya BPOM untuk memudahkan masyarakat dengan cara cek BPOM sendiri adalah dengan menciptakan aplikasi Android bernama Cek BPOM. Menariknya, aplikasi ini sudah ada di Google Play Store bagi masyarakat yang memiliki smartphone Android dan dapat mengunduhnya sendiri. Anda hanya perlu mencarinya dengan nama CekBPOM atau Data Produk Teregistrasi, setelahnya bisa Anda instal terlebih dahulu di ponsel Android Anda. Tidak perlu khawatir untuk kekurangan RAM atau menghabiskan kuota, karena nyatanya, aplikasi ini hanya berukuran kurang dari 700 KB. Sehingga bisa dengan mudah diinstal dan digunakan kapan saja tanpa membuat smartphone Anda lemot.

 
Berikut ini cara cek BPOM dengan aplikasi Android Cek BPOM:

  • Setelah menginstal aplikasi tersebut, Anda bisa langsung membukanya. Tampilan awal sangat sederhana, dan ada pilihan bernama ‘KATEGORI’ dimana Anda dapat mencari sebuah produk berdasarkan kategori yang lumayan lengkap walaupun penampilannya yang terlihat sederhana dan kurang menarik. Kategori terbagi menjadi:
  1. NOMOR REGISTRASI
  2. NAMA PRODUK ATAU NAMA DAGANG (MERK)
  3. JUMLAH DAN KEMASAN
  4. BENTUK SEDIAAN
  5. KOMPOSISI
  6. NAMA PERUSAHAAN PENDAFTAR ATAU PRODUSEN

  • Masukan nama produk yang ingin Anda cari tahu dan kemudian pilih ‘CARI’. Tunggu hingga beberapa saat sampai sistem selesai mencari nama produk yang terdaftar tersebut.
  • Perlu diperhatikan apabila nama produk yang Anda cari tidak ada dalam sistem aplikasi tersebut, ada kemungkinan aplikasi sedikit error dan silahkan coba kembali cari nomor registrasinya atau produsen yang mendaftarakan produk tersebut. Tetapi bila memang dicoba berkali-kali tidak ada, pastikan untuk mengeceknya ulang di website resmi BPOM, yakni di http://www.pom.go.id/ , bila produk memang tidak ada, berarti belum terdaftar dalam BPOM. Sebagai warga Indonesia yang baik, dianjurkan untuk langsung melaporkan pada BPOM di nomor telepon +62 21 1500 533 atau bisa via twitter ke @HaloBPOM1500533 dan @bpom_ri.
  • Bila produk yang Anda cari sudah terdaftar dalam BPOM, maka rincian informasi nama produk tersebut akan terlihat dalam aplikasi tersebut. Tampilan dari detail produk tersebut meliputi nomor registrasi produk, kategori untuk makanan dan minuman atau obat-obatan, komposisi, tanggal terbit, merk, kemasan, bentuk sediaan, komposisi, produsen yang mendaftarkan produk, hingga distributor atau pemroduksi produk tersebut.
Itu dia selengkapnya cara cek BPOM dengan aplikasi Android yang lebih mudah, untuk cara dan tutorial pengecekan lainnya melalui aplikasi Android bisa kunjungi home website kami di http://caracekinternet.com/. Baca juga informasi menarik lainnnya mengenai cara cek barang JNE dengan aplikasi Android My JNE di Cara Cek Barang di JNE Dengan AplikasiAndroid, dan tambahan artikel bermanfaat juga lainnya di Cara Cek Nomor Resi JNE Online dengan Mudah atau Cara Cek Ongkos Kirim JNE dengan Mudah dan Simple.
Advertisement
Cara Cek BPOM Dengan Aplikasi Android | Febry Hartanti | 5