Cara Memperkecil Ukuran File PDF dengan Mudah

Artikel terkait : Cara Memperkecil Ukuran File PDF dengan Mudah

Cara Memperkecil Ukuran File PDF - PDF merupakan slaah satu file yang paling umum digunakan. Format file yang dipopulerkan oleh Adobe ini mengunggulkan kemampuan grafik, serta membuat pengguna tak bisa lagi mengubah apa yang sudah tertulis atau tertera di dalamnya. Inilah mengapa file dengan format PDF paling sering digunakan untuk berbagi dokumen dengan rekan kerja, atasan, bahkan kepada murid atau guru. Selain itu, PDF pun dapat dibaca dengan jauh lebih mudah oleh pengguna, dan nyaris bisa dibuka oleh pengguna dengan media apa saja.

File dengan format PDf pun kerap kali berisi grafik maupun gambar yang mendukung keterangan atau teks yang ada di dalamnya. PDF pun mampu tetap menampilkan gambar dengan ukuran yang besar dengan kualitas yang tetap baik. Namun sayangnya, semua fitur tersebut justru sering kali membuat file PDF memiliki ukuran yang begitu besar. Yang akhirnya jadi cukup merepotkan untuk dikirim melalui email. Belum lagi, kualitas file PDF yang terlalu besar pun membuat sang penerima cukup kesusahan untuk membuka file, karena ukurannya yang berat.



Lalu, bagaimana ya mengatasi hal ini? Terlebih bila sudah terlanjur memproses file yang dimiliki menjadi PDF, yang tak mungkin lagi diubah. Ada beberapa cara memperkecil ukuran file pdf yang dapat membantu para pengguna. Langkah-langkah dibawah ini pun cukup mudah diikuti, yuk!

Cara Memperkecil Ukuran File PDF


1. Menggunakan software khusus

Saat ini sudah banyak software yang dikhususkan untuk memperkecil ukuran file, termasuk juga memperkecil ukuran file PDF. Setidaknya hingga saat ini terdapat dua program yang dikenal mampu membuat dan memperkecil ukuran file PDF, yakni PrimoPDF dan CutePDF. Sistem dari kedua program tersebut sebenarnya cukup sama. Dimana pengguna hanya perlu menginstall program, dan program akan berjalan sebagai "print". Namun bukan untuk mencetak file atau dokumen secara fisik, melainkan menyimpannya dalam format PDF.
Ketika mencetak ini, pada jendela Print, klik "Properties". Untuk PrimoPDF, pilih "Screen Quality" dimana dapat dipilih kualitas PDF paling besar hingga terkecil. Sedangkan pada CutePDF klik "Compression" dan pilih kualitas ukuran yang diinginkan.

2. Secara online

Tak hanya dengan program software, beberapa website pun langsung menyediakan fitur untuk memperkecil ukuran file PDF, seperti "SmallPDF" dan "Neevia’s PDFCompress". Pengguna hanya perlu mengunggah file PDF dan akan dikompres menjadi ukuran yang sudah dipilih.

3. Dengan Adobe Acrobat Reader

Software resmi pembaca file PDF dari Adobe ini rupanya juga menyediakan fitur untuk memperkecil ukuran file PDF. Namun hanya tersedia pada program berbayarnya saja. Disini, cara memperkecil ukuran file pdf sangat mudah. Hanya perlu membuka dokumen PDF dengan Adobe Acrobat Reader, kemudian pilih menu "Save As" dan klik "Reduced Size PDF”. Kekurangan dari cara ini adalah file PDF yang dikompres hanya bisa dibuka dengan program Adobe Acrobat Reader versi terbaru saja.

4. Konversi file PDF menjadi ZIP

Cara memperkecil ukuran file pdf yang lain adalah dengan mengonversi file ke dalam format ZIP atau RAR. Caranya mudah. Untuk pengguna Windows OS, klik kanan pada dokumen, dan akan muncul sederet pilihan perintah. Pilih "Send To", dan kemudian akan muncul pilihan untuk "Compressed (zipped) folder". Kekurangan dari cara ini tentu adalah penerima file harus memiliki program untuk mengekstrak file ZIP.

Nah diatas adalah sederet cara memperkecil ukuran file pdf  yang bisa dilakukan. Tak ribet kan? Kalau kalian, sudah pernah coba cara yang mana?

Artikel Cara Cek Lainnya :

Copyright © 2015 Cara Cek .