Cara Bayar BPJS Kesehatan dengan Mudah

Artikel terkait : Cara Bayar BPJS Kesehatan dengan Mudah

Bagaimanakah Cara Bayar BPJS - Sejak diperkenalkan dua tahun lalu, BPJS atau  Badan Penyelenggara Jaminan Sosial sudah menarik perhatian karena sederet keuntungan yang ditawarkan pada masyarakat. Terutama untuk masyarakat dari kalangan menengah ke bawah. Mengusung sistem mirip dengan asuransi, BPJS memiliki program bernama JKN atau Jaminan Kesehatan Nasional yang memastikan seluruh kalangan masyarakat dapat memiliki jaminan kesehatan dengan harga jauh lebih murah dibandingkan dengan asuransi swasta. Sistem yang diusung pun kurang lebih sama, dimana pengguna - yang disini diprioritaskan adalah masyarakat dengan kemampuan ekonomi menengah ke bawah - akan membayar sejumlah nominal uang setiap bulannya sebagai setoran BPJS. Nantinya iuran tersebut dapat digunakan ketika mereka tengah sakit.



BPJS diklaim mengcover seluruh elemen kesehatan masyarakat. Mulai dari biaya rawat jalan, yang termasuk dengan pembayaran dokter, kontrol kesehatan, dan obat; serta biaya rawat inap yang melingkupi biaya ruang kesehatan, obat, dokter, dan penanganan kesehatan. Untuk pembayaran iuran sendiri berbeda-beda setiap kelasnya. Untuk kelas I biaya iuran setiap bulan adala Rp 59500, kelas II adalah Rp 42500, dan kelas III adalah sebesar Rp 25500. Pembayaran BPJS paling lambat dilakukan sebelum tanggal 10 setiap bulannya, dan keterlambatan akan dikenakan denda 2%. Lalu bagaimana cara bayar BPJS? Dibawah ini kami memiliki beberapa panduannya.

Cara Bayar BPJS


1. Seperti halnya fasilitas pemerintah pada umumnya saat ini, pembayaran BPJS pun difokuskan melalui transfer melalui rekening Bank. Untuk saat ini sendiri,  BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial  sudah bekerja sama dengan 3 bank yakni BRI, BII, dan Mandiri. BPJS memastikan bahwa pembayaran resmi yang diakui hanya yang dilakukan melalui rekening.

2. Sebelum melakukan pembayaran BPJS melalui rekening, perlu diingat bahwa ketiga Bank tersebut memiliki kode khusus untuk mebayar BPJS. Nantinya kode khusus tersebut akan dimasukkan bersama dengan 11 angka unik terakhir pada kartu JKN dari BPJS. Tiap-tiap kartu yang dimiliki penanggung memiliki 11 angka unik masing-masing. Untuk kode khusus setiap bank adalah :
BRI = 88888
BNI = 88888
MANDIRI = 89888
Jadi misalnya 11 angka unik pada kartu JKN adalah 12345678901, maka nomor yang digunakan untuk transfer melalui bank BRI adalah 8888812345678901.

3. Pembayaran melalui masing-masing Bank pun cukup mudah, dan dianjurkan untuk melakukan pembayaran dengan mesin ATM.
- Cara bayar BPJS dengan bank BRI adalah :
Masukkan kartu ATM dan pin seperti biasa, dan pilih menu “Transaksi Tunai”, atau “Paket Tunai”. Setelah itu pilih "Pembayaran", kemudian "Lainnya" dan pilih "BPJS". Setelahnya masukkan 11 angka unik bersama dengan kode bank.

- Cara bayar BPJS dengan bank Mandiri adalah :
Masukkan kartu ATM dan Pin, setelah itu pilih menu "Bayar/Beli", kemudian "BPJS". Bila membayar untuk individu maka pilih "Individu". Setelahnya baru masukan jumlah bulan yang akan dibayar baru masukkan 11 angka unik bersama dengan kode bank. Setelahnya akan ditunjukan detail account, dan sekali lagi masukkan angka 1 sebelum menyetujui dan memproses pembayaran.

- Cara bayar BPJS dengan bank BNI adalah :
Caranya sama, masukan kartu ATM dan Pin, setelahnya pilih menu "Pembayaran" dan "BPJS", setelahnya baru masukan 11 angka unik bersama dengan kode bank dan kelas BPJS yang dipilih.

Cara pembayaran diatas berlaku untuk semua kelas BPJS di semua kota di Indonesia. Pastikan di rekening terdapat nominal angka untuk membayar ya!

Artikel Cara Cek Lainnya :

Copyright © 2015 Cara Cek .