Cara Daftar Haji Reguler dengan Mudah

Artikel terkait : Cara Daftar Haji Reguler dengan Mudah

Cara Daftar Haji - Menunaikan ibadah haji adalah rukun islam ke-lima. “Menunaikan Ibadah haji jika mampu.” Di sini jelas dikatakan bahwa Anda diwajibkan menunaikkan ibadah haji jika sudah mampu.

Ada dua cara melaksanakan ibadah haji yang aman dan legal serta di bawah lindungan Pemerintah Republik Indonesia, yaitu Haji Plus dan Haji Reguler.


Ada baiknya Anda mengetahui dengan baik langkah Daftar Haji yang benar, karena pendaftaran haji reguler atau ONH Plus bida dipahami dengan mudah, ibadah haji pun merupakan ibadah wajib bagi yang mampu sekali seumur hidup.

Selain itu, jika Anda mengetahui cara mendaftar Haji Reguler dan ONH Plus maka Anda bisa terhindar dari oknum yang mencoba untuk memanfaatkan dan menyalahgunakan penyelenggaraan haji.

Perlu diingat, calon jamaah haji di seluruh Indonesia setiap tahunnya adalah ribuan orang, jadi jika Anda mendaftar tahun ini, kemungkinan Anda akan berangkat haji tahun depan atau bahkan bisa menunggu sampai waktu yang tidak dapat ditentukan karena kuota yang terbatas dan antri bersama ribuan jamaah lainnya.

Cara Daftar Haji


Sekarang, baiknya Anda memahami dengan baik cara mendaftar haji ONH Plus dan Reguler di bawah ini.
Haji Plus/ BPIH Khusus

Apa itu Haji Plus?
 
  • Paket ONH Plus/ BPIH Khusus mengharuskan calon jamaah untuk mendaftar melalui penyelenggara Travel yang sudah mengantongi izin dari Departemen Agama
  • Program Perjalanan Paket ONH Plus/ BPIH Khusus biasanya lebih singkat, yaitu maksimal 27 hari
  • Fasilitas yang disediakan adalah hotel berbintang lima
  • Anda akan mendapatkan bimbingan Manasik Plus

Bagaimana cara mendaftar Haji ONH Plus?

  • Pendaftaran dan pembayaran haji ONH Plus/ BPIH Khusus dilakukan di KEMENAG setempat untuk mendapatkan SPPH (Surat Permohonan Pergi Haji) dengan menyerahkan setoran awal sebesar 4000U$ ke Bank yang telah ditunjuk pemerintah. Langkah pertama tersebut bertujuan agar Anda mendapatkan nomor kuota. Dalam teknisnya, proses permohonan SPPH dan penyetoran dilakukan oleh Travel yang menyelenggarakan pendaftaran haji agar masuk dalam koridor Kuota BPIH Khusus yang setiap tahunnya hanya dialokasikan sebanyak kurang lebih 16.000 jamaah.
  • Jika Anda sudah mendapatkan nomor kuota yang tertera di Bukti Setoran Haji, calon jamaah haji dapat menyerahkan persyaratan haji kepada travel penyelenggara Haji Plus.
  • Anda dapat melunasi biaya perjalanan haji 4 bulan setelah calon jamaah memperoleh kepastian nomor kursi haju dapat pergi di tahun yang telah ditentukan.

Bagaimana Cara Daftar Haji reguler?

  • Anda dapat mulai mencari dan mendapatkan informasi mengenai pendaftaran dari Bank penerima setoran awal seperti Bank Mandiri Syariah, Bank Jabar Syariah, BRI Syariah, dan bank lainnya yang telah mendapat penunjukkan dari Departemen Agama untuk menerima setoran haji.
  • Di sana, Anda akan diarahkan untuk membuka tabungan haji. Saldo awal yang biasanya disetorkan adalah sebesar 1 juta rupiah. Jika periode tabungan Anda sudah mencapai 25 juta rupiah, barulah Anda akan diminta untuk mengurus SPPH yang kemudian dana disetorkan untuk memperoleh kuota daftar antri. Perlu Anda ketahui bahwa saat ini kuota atau antrian haji reguler di setiap provinsi di Indonesia telah mencapai tujuh hingga lima belas tahun.
  • Jika Nomor kuota haji telah Anda lunasi sebagai tanda Anda sudah siap untuk pergi haji di tahun yang ditentukan. Anda diminta untuk menyerahkan syarat-syarat administrasi haji ke kantor Departemen Agama di tempat domisili Anda. Anda dapat meminta bantuan dengan menambah biaya tertentu. Jika Anda dalam masa kehamilan, maka pemberangkatan akan dibatalkan pelunasan hajinya hingga tahun dan diberangkatkan pada masa setelah melahirkan.
  • Administrasi yang diwajibkan yaitu;
  • Beragama Islam
  • KTP yang masih berlaku
  • Foto ukuran 2 x 3 dan 4 x 6 sebanyak 16 lembar masing-masing wajah sebesar 85%
  • keadaan sehat
  • calon haji wanita disarankan untuk pergi bersama muhrimnya
  • mengisi SPIH (Surat Pendaftaran Beribadah Haji)
  • sudah memiliki nomor jumlah haji, Melunasi BPIH (Biaya Pelunasan Beribadah Haji).

Jumlah uang BPIH di setiap provinsi tidak sama, tergantung embarkasi masing-masing daerah yang sudah ditetapkan berdasarkan dari zona propinsi.

Anda sudah paham cara mendaftar haji ONH Plus maupun Reguler? Kini Anda bisa memahami langkah di atas dengan baik, kemudian mendaftarkan diri Anda untuk menunaikkan ibadah haji. Tapi, sebelum anda mendaftar haji reguler maka Anda diwajibkan membaca Cara Cek Daftar Tunggu Haji biar lebih tau.

Artikel Cara Cek Lainnya :

Copyright © 2015 Cara Cek .