Cara Daftar BPJS Online Terbaru dengan Mudah

Artikel terkait : Cara Daftar BPJS Online Terbaru dengan Mudah

Cara Daftar BPJS Online - Sekarang ini, siapa yang tidak mengenal BPJS? Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang sekarang ini menajdi salah satu program pemerintah yang baru. Sejak diberlakukannya JKN (Jaminan Kesehatan Nasional), masyarakat telah digalakkan untuk memiliki BPJS. Guna memudahkan masyarakat, pemerintah pun melakukan terobosan baru dengan memanfaatkan teknologi, yaitu dengan membuka pendaftaran BPJS secara online. Hal ini dikarenakan membludaknya masyarakat yang berbondong untuk mendaftar BPJS dan menyebabkan antrian panjang di kantor BPJS. Maka, untuk memudahkannya, dibukalah pendaftaran BPJS via online. Selain memudahkan, perdaftaran BPJS online juga menghemat waktu dan tenaga.

Cara Daftar BPJS Online

Apa itu JKN dan BPJS? JKN sendiri merupakan Jaminan Kesehatan Nasional, salah satu program pemerintah yang berbasis asuransi. Sehingga siapapun yang terdaftar sebagai anggota JKN, diwajibkan untuk menyisihkan uangnya guna keperluan asuransi kesehatan tersebut. Sedangkan BPJS adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang terdiri dari dua jenis, yaitu; BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan. BPJS merupakan perubahan dari Jamsostek yang sudah ada sebelumnya.(Baca: Cara Cek Saldo Jamsostek)

Sehingga di sini dapat dipahami bahwa JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) adalah nama program dari pemerintah yang diselenggarakan, sedangkan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) adalah badan yang menyelenggarakan program tersebut.

Mendaftar BPJS bisa secara offline dan online. Jika Anda mendaftar offline, jelas Anda harus pergi ke kantor BPJS dan mengantri. Namun, sekarang Anda telah dimudahkan dengan adanya layanan mendaftar BPJS secara online melalui situs resminya. Bagaimana cara mendaftar BPJS secara Online?
Cara Mendaftar BPJS Secara Online

Sebelum Anda mendaftar secara online, ada baiknya Anda mempersiapkan beberapa berkas seperti ketika Anda akan mendaftar secara offline. Berikut yang perlu Anda persiapkan;

  • KK (Kartu Keluarga)
  • KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Kartu NPWP (Pajak)
  • Alamat email dan nomor telepon
  • Nomor Rekening Penanggung (nanti akan digunakan untuk membayar iuran asuransi setiap bulan)

Cara Daftar BPJS Online


Jika Anda telah menyiapkan seluruh berkas, Anda bisa memulai mendaftar BPJS secara online, ikuti langkah berikut;
  • Siapkan semua berkas. Buka situs resmi BPJS online di : http://bpjs-kesehatan.go.id
  • Klik Pendaftaran Online e-Registration yang terletak di ujung pojok kiri atas website.
  • Akan terbuka halaman di mana Anda diminta untuk menyiapkan seluruh berkas dan persyaratan. Karena sebelumnya Anda sudah menyiapkannya, maka Anda tinggal klik Pendaftaran.
  • Akan muncul form pendaftaran yang harus Anda isi sesuai dengan data diri yang sama dengan KTP dan data-data Anda yang lainnya. Isi form tersebut adalah berupa; alamat, tempat tanggal lahir, nomor ponsel, alamat email, dan kantor cabang BPJS terdekat dengan tempat tinggal Anda (Anda bisa memilih kantor BPJS di kota tempat tinggal Anda). Karena di kantor BPJS terdekat yang Anda pilih, maka Anda bisa mengambil kartu BPJS jika sudah jadi.
  • Anda juga harus mengetahui dalam memilih kelas, terutama untuk Anda yang Non-PBI (Bukan Penerima Bantuan Iuran jaminan Kesehatan). Berikut kelas tersebut :
  1. Kelas 1/orang  = Rp 59.500,- / bulan
  2. Kelas 2/orang  = Rp 42.500,- / bulan
  3. Kelas 3/orang  = Rp 25.500,- / bulan
  • Simpan data serta tunggu email notifikasi nomor registrasi di email yang Anda masukkan pada kolom pendaftaran. Print lembar virtual akunnya.
  • Lakukan pembayaran setiap bulan melalui bank yang telah ditunjuk (BNI, BRI, atau Mandiri).
  • Anda bisa membayar melalui ATM dengan menggunakan nomor registrasi Anda, atau datang ke bank dengan menyerahkan nomor registrasi beserta uang setoran iuran asuransi Anda.
  • Simpan bukti pembayaran.
  • BPJS Kesehatan Anda sudah aktif.

Disarankan Anda mendaftar di awal bulan, karena jika Anda mendaftar di akhir bulan, waktu tenggat pembayaran bulan berikutnya sudah dekat. Pembayaran setiap bulan paling lambat setiap tanggal 10 setiap bulannya, jika Anda terlambat membayar maka akan dikenakan denda sebesar 2% dari biaya Anda membayar asuransi tersebut.

Perlu dicatat bahwa tidak ada perbedaan pada pelayanan medis di kelas 1, 2 maupun 3. Jenis obat sampai pelayanan medis semuanya sama. Perbedaan terdapat pada layanan non medis (seperti kelas rawat inap).

Itulah Cara Daftar BPJS secara Online. Jika Anda belum memiliki asuransi kesehatan tersebut, Anda bisa mendaftar sekarang guna mendukung program pemerintah.

Artikel Cara Cek Lainnya :

Copyright © 2015 Cara Cek .