Cara Pencairan Jamsostek dan Persyaratan yang Perlu Diketahui

Artikel terkait : Cara Pencairan Jamsostek dan Persyaratan yang Perlu Diketahui

Cara Pencairan Jamsostek - Sebuah cara cek yang sangat mudah dilakukan oleh setiap orang dalam melakukan transaksi pengecekan sesuatu melalui internet, sms, ataupun bisa melalui apa saja cara ceknya. Dan informasi berikut ini kami berikan bagaimana cara pencairan dana jamsostek secara mudah.


Dengan artikel perihal Cara Pencairan Jamsostek satu ini yang telah kami tulis, diharapkan dapat membantu para pembaca blog ini semua dan juga kami sangat berharap dapat bermanfaat bagi kalian semua. Bukan hanya itu, kami menyediakan informasi tentang cara cek satu ini dengan sukarela dan kami juga memperoleh dari beberapa sumber.

Sumber kami yang paling utama yakni pada blog blog cara cek di internet yang membeberkan tentang Cara Pencairan Jamsostek dan juga berbagai macam cara cek lainnya. Selain itu, Google juga akan selalu menjadi sumber referensi kami dalam menulis artikel di blog ini. Kamu dapat melakukan Pencairan Jamsostek dengan beberapa langkah mudah dan atau dengan mengunjungi link url http://www.caracekinternet.com/2015/08/cara-pencairan-jamsostek-dan.html sobat akan langsung menemukan informasinya.

Dan semua cara dari cara termudah hingga cara tersulit pun kami berikan khusus buat kamu kamu semua yang mungkin sedang mencari informasi tentang Cara Pencairan Jamsostek dengan mudah. Untuk itu, perlu juga kalian pantau dan simak artikel lainnya yang terkait di blog ini untuk sekedar menambah wawasanmu. Langsung saja, berikut ini kami berikan caranya:

Cara Pencairan Jamsostek


Jika kamu menjadi pekerja swasta tak luput pastinya diikutkan dalam asuransi Jamsostek. Seperti pada penjelasan sebelumnya, Jamsostek merupakan perusahaan yang dibentuk oleh pemerintah yang bertugas mengurusi jaminan sosial bagi tenaga kerja di Indonesia. Nama Jamsostek sendiri kini tengah berganti nama menjadi BPJS Ketenagakerjaan. Cakupannya meliputi Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK), Jaminan Hari Tua (JHT), TK-LHK (tenaga kerja di luar hubungan kerja) serta jasa konstruksi. Sebuah premi akan dibayarkan setiap bulan, akan tetapi mengendap dalam JHT. Nah, JHT ini selanjutnya dapat dicairkan jika syarat dan ketentuan sudah terpenuhi. Syarat pencairan Jamsostek untuk JHT adalah:

  • Memiliki Kartu Peserta Jamsostek (KPJ).
  • Telah berumur 55 tahun.
  • Menderita cacat tetap dengan bukti surat keterangan dari dokter
  • Meninggal dunia dengan bukti surat keterangan kematian dari rumah sakit atau kepolisian atau kelurahan
  • Bermukim di negara lain dan tak kembali lagi ke Indonesia dengan menyertakan surat pernyataan tak bekerja lagi di Indonesia, fotokopi Paspor dan fotokopi VISA
  • Menjadi PNS, TNI Polri
  • Di-PHK dengan lama kepesertaan minimal selama 5 tahun dengan masa tunggu selama 1 bulan.
Jika salah satu persyaratan tersebut diatas sudah ada atau terpenuhi, maka peserta memiliki hak untuk mengklaim dana JHT di kantor Jamsostek. Pemohon diwajibkan datang sendiri, hal ini karena nantinya bakalan dilakukan verifikasi dokumen, wawancara dan pengambilan foto. Nah, adapun berkas persyaratan yg wajib disertakan dan dibawa adalah sbb:
  • Kartu Jamsostek berikut fotokopiannya
  • KTP dan fotokpiannya
  • KK dan fotokopiannya
  • Surat keterangan PHK dari perusahaan terdahulu
  • Fotokopi buku tabungan (tak harus)
Masukkan semua berkas ke dalam amplop hijau transparan yg nantinya bisa diminta ke petugas di sana kemudian masukkan ke drop box. Selanjutnya petugas akan memanggil utk verifikasi data yang kamu berikan. Jika sudah lengkap, kamu akan dimintai pengambilan nomor antrian di petugas keamanan. Tahap selanjutnya tinggal menunggu panggilan klaim. Setelah antrian di panggil, petugas akan melakukan verifikasi semua berkas dan data dan juga akan wawancarai. Jika telah sesuai maka kamu akan diambil fotonya dan semua berkas asli akan dikembalikan selain kartu Jamsostek.

Mungkin cukup itu saja artikel yang mungkin kami berikan perihal Cara Pencairan Jamsostek. Dan kurang lebihnya kami segenap crew blog www.caracekinternet.com mohon maaf kepada pembaca apabila ada kesalahan cara atau apa saja. Dan kami juga tak lupa merekomendasikan untuk membaca artikel lainnya di blog ini. :) 
Baca pula :

Artikel Cara Cek Lainnya :

Copyright © 2015 Cara Cek .